Dalam keseharian kita sering mendengar istilah “jangan menyerah”. Ada juga kutipan yang sangat indah dari motivator Merry Riana “Jangan pernah menyerah untuk mencoba dan Jangan pernah mencoba untuk Menyerah” (beliau ini sangat luar biasa sifat pantang menyerahnya). Hmm.. kutipan itu memang benar adanya.. tetapi, pada artikel kali ini saya ingin membahas bahwa terkadang menyerah itu perlu, tergantung pada apa prioritas dan fokus utama kita.

Nah artikel ini akan membahas sedikit pengalaman saya pada hal ini. Setahun lalu saya mencoba membuka sebuah bisnis franchise makanan disamping bisnis online marketing yang sedang saya jalankan. Saya melakukan riset, pemilihan brand, dan pemilihan lokasi dimana hal ini memakan waktu tidak sedikit. Awal-awal hasilnya cukup menjanjikan, bisnis ini mampu menghasilkan passive income (meskipun belum passive income karena waktu saya masih tersita cukup banyak disana). Karena masih baru, meskipun bukan merupakan bisnis besar, maka bisnis ini memerlukan tenaga dan perhatian yang cukup banyak, sampai beberapa kali mengakibatkan perhatian ke bisnis utama berkurang. Belum lagi soal karyawan yang terus berganti-ganti dan sulitnya mencari karyawan di bisnis saya.




Disanalah konsentrasi mulai terpecah dan saya mulai menjalankan kedua bisnis dengan fokus bercabang. Omset bisnis franchise saya makin lama makin turun, terutama setelah kenaikan harga BBM, sehingga lama-lama hanya bisa menggaji karyawan bahkan rugi dalam beberapa bulan.

Artikel terkait: Memilih Peluang Bisnis

Pada akhirnya bisa ditebak dua-duanya tidak bisa berjalan optimal dan saya mulai mengalihkan fokus kembali pada bisnis utama saya. Bisnis ini pun saya serahkan kepada keluarga untuk mengelolanya sehingga saya bisa fokus ke aktivitas utama.

Maka saya bisa katakan bahwa menyerah itu sesekali perlu, tergantung dari apa prioritas utama kita. Yang jangan dilakukan adalah sedikit-sedikit menyerah atau menyerah untuk mengejar impian anda. Mau mengejar impian dengan pebisnis saat gagal ya coba lagi, mau passive income melalui network marketing jika ditolak ya coba terus, jangan sampai menyerah! Banyak juga kasus seseorang menemukan kesuksesan setelah berkali-kali gagal di beberapa bidang tapi berusaha lagi di bidang yang lain. Intinya temukan juga passion anda sambil berusaha.
Akhir kata, prioritas saya adalah meraih kesuksesan di online marketing maka itulah impian yang saya kejar, bagaimana dengan anda?? 🙂

Hasil Pencarian: