Bagi anda maupun saya yang sudah memiliki bisnis, terutama bisnis yang sudah berjalan stabil dan cukup lama pasti menginginkan memiliki sebuah website. Diharapkan dengan memiliki website adalah terjadi penambahan customer melalui internet atau peningkatan awareness. Banyak yang hanya memiliki website tanpa tahu cara me-marketingkan webnya atau produknya melalui internet. Beberapa bahkan tidak memiliki tujuan saat memiliki website alias hanya ikut-ikutan tren 🙂
Yang terjadi adalah, website mereka menjadi minim bahkan tidak ada pengunjung sama sekali. Sampai akhirnya website ditutup karena hanya memakan biaya dari sewa hosting dan domain tanpa menghasilkan apapun. Tapi disisi lain banyak juga website yang memiliki pengunjung rutin harian bahkan banyak customer baru didapatkan dari website. Kenapa demikian?

pentingnya internet / online marketing bagi sebuah website

Online Marketing, Kurang dan Lebihnya seperti ini

Hal itu disebabkan karena website yang banyak mendapatkan pengunjung menerapkan apa yang disebut sebagai Online Marketing. Nah, apa itu online marketing atau juga disebut internet marketing?? online marketing menurut pengalaman saya adalah aktivitas untuk me-marketing-kan atau memasarkan sebuah website atau produk menggunakan media-media yang ada di internet ke target pasar yang tepat.

Aktivitas Online Marketing sangat banyak. Mulai dari SEO, Search Engine Marketing, Article Marketing, content marketing, Social Media Marketing e-mail marketing dan lain sebagainya. Pemilihan tiap strategi online marketing tentunya harus disesuaikan pula dengan jenis produk yang akan dipasarkan via internet. Tujuan dari strategi online marketing ini antara lain adalah mendapatkan pasar baru berupa pengguna internet yang sedang menginginkan suatu produk atau jasa.

Bagaimana dengan website anda, Apakah sudah memiliki pengunjung tetap dan ingin  menambah jumlah pengunjung maupun penjualan? apakah belum mencapai jumlah pengunjung yang dingiinkan?
Atau jika anda memiliki sebuah bisnis dan ingin menambah jangkauan pasar melalui internet tidak ada salahnya untuk mencoba Online Marketing. Satu per satu strategi diatas (mudah-mudahan) akan saya bahas pada posting-posting berikutnya. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang merayakan! 😀