Pengertian Dasar SEO bagi Pemula (Revisi)

Berikut adalah artikel pada blog lama saya, dan di blog ini akan saya postingkan kembali dengan sedikit revisi dan update. Mudah-mudahan dapat berguna bagi anda semua 🙂

pengertian SEO onpageMengenai Pengertian Search Engine Optimization (atau biasa disebut SEO) sudah banyak sekali sumber mengenai hal ini. Sederhananya SEO adalah metode optimasi situs atau blog kita untuk mendapatkan posisi setinggi-tingginya pada mesin pencari (search engine), seperti google, Yahoo, Bing dan lainnya untuk kriteria pencarian kata kunci tertentu. Tujuan optimasi ini adalah untuk mendapatkan pengunjung ke website atau blog kita yang menggunakan mesin pencari tersebut. Metode SEO ini dibagi dua yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage.

Pertanyaannya, kenapa posisi harus setinggi-tingginya??

Bukan hanya setinggi-tingginya, melainkan ada di halaman pertama (top 10) untuk kriteria pencarian yang relevan. Karena berdasarkan riset, hanya 5-10% pencari yang melihat halaman ke dua dalam hasil pencarian. Tentunya jumlah pengunjung akan berbeda sangat signifikan jika anda berada pada halaman kedua alih-alih halaman pertama. Sebagai contoh, misalkan anda berdomisili di Denpasar dan memiliki usaha Audio dan Variasi Mobil. Jika seseorang yang juga berdomisili di Denpasar berminat untuk mengganti audio mobilnya dan mencari informasi melalui website, tentu dia akan mengetikkan kata kunci “audio mobil di denpasar” di mesin pencari (bukan di Lombok lho ya, berani taruhan…) dan jika situs anda berada pada posisi tertinggi, peringkat 1-3 misalnya, tentu besar kemungkinan orang itu mengunjungi website anda dan menjadi pelanggan anda juga. Kebanyakan orang tidak ingin membuka halaman pencarian ke dua atau ke tiga jika telah menemukan informasi yang diinginkan pada halaman pertama.

Masih banyak contoh lainnya dari pemanfaatan SEO ini. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat pada mesin pencari pun sangat banyak, mulai dari umur situs, relevansi nama domain terhadap kata kunci, content/isi dan struktur situs tersebut (SEO Onpage), popularitas link (SEO Offpage) dan lain-lainnya (yang masih saya pelajari hingga saat ini :D ). Beberapa pihak pun telah mengembangkan tools-tools untuk mengukur efektifitas SEO dari suatu website seperti SeoQuake, SeoDoctor, SEO Spyglass dan lainnya.

Pada perkembangannya, Untuk menambah relevansi hasil pencarian, google banyak melakukan perbaikan dalam metode pencarian mereka, termasuk faktor lokasi, seperti berdasarkan negara dan daerah pencarian. Isi/content dan relevansi juga menjadi hal terpenting bagi google dalam menentukan peringkat, bukan hanya jumlah backlink (lihat juga mengenai google panda update). Sebaiknya dalam menerapkan metode SEO ini, metode yang diterapkan atau kata kunci yang dibidik haruslah relevan dengan isi postingan dan website. Selain itu usahakan isi postingan atau content berguna bagi pengunjung website anda. Jika tidak relevan dan anda dianggap melakukan spam oleh google, siap-siaplah menerima penalti!

Demikian artikel mengenai SEO. Pada artikel berikutnya saya akan coba membahas dua metode SEO yaitu SEO Onpage dan SEO offpage. Have a Good Day!! :D

Hasil Pencarian:

3 Comments

  1. makasih banyak gan buat penjelasannya….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*