Pengertian dan Tips SEO Onpage (Revisi)

Postingan ini sudah pernah dibahas dalam blog lama, dan dalam postingan ini akan saya tambahkan beberapa revisi dan update. Selamat membaca 🙂

SEO Onpage

Tips Optimasi SEO-OnpageSEO Onpage adalah optimasi yang dilakukan pada internal website itu sendiri.  Dalam artian lain, kualitas dan relevansi website tersebut terhadap kata kunci tertentu. Dan dari info-info yang beredar di internet, pasca Google Panda Update maupun yang teranyar Penguin Update optimasi OnPage sekarang lebih diutamakan ketimbang optimasi Offpage oleh Google.

Optimasi SEO Onpage

Nah, jadi bagaimana tips optimasi On Page itu sendiri? Berikut saya coba jelaskan optimasi Onpageyang biasa dilakukan pada suatu website (disaring dari berbagai sumber :D )

  1. URL, yang dimaksud URL disini bukan hanya nama domain (karena nama domain juga biasanya adalah branding dari perusahaan) tapi juga URL lengkap pada address bar. Sebagai contoh, anda menargetkan SEO untuk kata kunci/keyword “jual tiket pesawat murah” dan nama perusahaan anda adalah Nirwana Tour&Travel (jika ada kesamaan nama atau tempat itu hanya kebetulan dan mohon maaf, he he he) maka nama URL yang sudah di-optimasi adalah nirwanatourtravel.com/products/jual-tiket-pesawat-murah/
  2. Meta tags, yaitu Meta description, Meta keyword, robot dan author. Untuk detail dan cara menambahkannya anda bisa googling “cara menambahkan meta tags pada website” :) . Tapi kabarnya Meta tags ini tidak begitu penting lagi bagi google, melainkan hanya untuk keperluan user dalam mengetahui deskripsi dan kata kunci suatu situs pada halaman pencarian. Untuk self hosted wordpress, meta description dan meta keyword ini sudah dihandle oleh plugin2, seperti Platinum SEO Pack, All in One SEO, atau SEO by Yoast.
  3. Title/judul mengandung keyword, misalkan anda bisa membuat judul halaman anda, “Kami Menjual Tiket Pesawat Murah selama masa promosi…” Buat se-relevan mungkin dan menggambarkan keseluruhan isi artikel. Termasuk juga H1 dan H2 teks, karena inilah yang menunjukkan pada search engine subjek utama dalam artikel.
  4. Isi/Content isi artikel juga harus mengandung setidaknya satu kata kunci untuk tiap paragraf. Lebih bagus gunakan kata kunci pada awal kalimat pertama dalam paragraf. Gunakan bold/cetak tebal untuk beberapa kata kunci yang penting dalam content. Dan hal yang sangat penting: fokuskan membuat artikel bagi pembaca dan bukan untuk search engine. Sebagai tambahan, gunakan kata kunci sebagai anchor text menuju halaman content yang sama minimal satu kali dan satu sebagai anchor text menuju homepage.
  5. Alt text (Alternative Text) pada image/gambar, yaitu teks alternatif yang gunanya memberi keterangan pada suatu image atau gambar pada website. Penjelasan dan tutorialnya akan dijelaskan lebih lanjut dalam blog lama: tutorial mengenai alt text untuk image

Selanjutnya empat poin berikutnya mengenai SEO Onpage yaitu:

  1. Anchor text untuk internal Links maupun external link (ada di blog lama)
  2. Keyword Density atau kepadatan kata kunci
  3. SILO (Structured Index Link Organization) dan
  4. HTML comment

akan saya postingkan pada pengertian dan tutorial SEO Onpage (lanjutan). Have a Good Day!!

1 Comment

  1. RMO Creative is a marketing cnmoapy that not only offers SEO services, but we’ve taken SEO to the next level. We are the only provider that offers WSP (Website Strategic Placement). While the practice of SEO only focuses on content, we’ve designed WSP an across-the-board method to professional online marketing and website placement. New types of websites continue to emerge everyday, e.g. social media, visual media, etc. Naturally, search engines like Google continue to update search indexing criteria.Working one on one with you, we’ll gain insight into the heart of your business to find the exact components to build your professional internet marketing campaign. You’re website will take you much further if all of its parts are working together.Check out our portfolio and website to see what RMO Creative has to offer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*