Apakah anda ingin memulai atau ekspansi Bisnis?

Ide untuk menulis postingan ini datang ketika saya ingin melakukan ekspansi bisnis, entah itu bisnis online atau bisnis konvensional. Saat ini, kita pastinya sudah mendapatkan atau ditawarkan banyak sekali peluang bisnis diluaran sana. Memilih peluang bisnis business-opportunity

Hal yang saya sadari adalah, mengembangkan atau melakukan ekspansi bisnis adalah sama sulitnya dengan saat baru memulai bisnis. Sebelum memulai bisnis online saya yang pertama jasa pemasaran kontraktor BaliArchitects21 , saat itu ada beberapa ide bisnis yang terlintas seperti jasa pencucian mobil, warnet/ game center, atau yang berbasis online seperti toko online, affiliate marketing dsb. Tapi karena kurangnya modal, penguasaan pasar/produk dan kepercayaan diri akhirnya bisnis-bisnis tersebut belum bisa dijalankan.

Artikel terkait : Masa depan bisnis Online di Indonesia, potensialkah?

Nah, bagaimana jika kita dihadapkan pada beberapa pilihan peluang bisnis?

Saya pun saat ini mengalami hal yang sama. Mungkin anda pernah ditawarkan peluang di Multilevel/ network marketing (sebut saja yang berinisial O, TF, HL, atau lainnya hehehe…), agen asuransi, agen property, membuka bisnis konvensional, maupun bisnis online. Akhirnya anda bingung mau fokus menjalankan yang mana (yang ujung-ujungnya malah semuanya bubar, hehehe) atau malah palugada (apa lu mau gua ada, yang bikin orang bingung anda sebenarnya jualan apa, hehe…). Yang sering anda perhatikan atau membuat anda tertarik biasanya adalah kisah sukses orang lain yang sudah terjun terlebih dahulu dan sudah sukses disana.




Hal demikian memang positif dan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk maju. Tapi ingat, semua orang memiliki rezekinya masing-masing, pun di bidang masing-masing yang tentunya berbeda-beda pula. Belum lagi faktor usia, risiko, latar belakang, hasrat dan faktor lainnya.

Perlu diketahui juga salah satu penentu kesuksesan adalah yang disebut 10,000 hours rule. Atau bisa disebut hukum 10,000 jam. Apa artinya?

Di bukunya Outliers, Malcom Gladwell menyampaikan suatu penelitian yang mengatakan rata-rata anda akan menjadi master atau sukses di bidang anda jika sudah melewati 10,000 jam untuk mempelajari dan melakukan bidang tersebut. Anggap rata-rata anda meluangkan 10 jam suatu hari di suatu bidang, maka diperlukan 1000 hari untuk menjadi master atau dalam hitungan tahun menjadi 2,73 tahun! Bagaimana jika anda hanya mampu meluangkan satu jam sehari? Waktunya akan menjadi 27 tahun! Anda malah keburu tua duluan sebelum sukses, hehehe…

Jadi, yang saya tekankan disini adalah jangan mudah bias/ terpengaruh mengenai kisah sukses orang lain, yang biasanya disebabkan anda belum tahu passion/ minat anda dimana.

Ingat ada 3 hal penting yang dipertimbangkan sebelum memulai suatu bisnis. dimana urutannya adalah sebagai berikut (jangan dibalik-balik!)
1. Menghasilkan. Bisnis itu harus terbukti menghasilkan terlebih dahulu.
2. Passion/ hasrat. Anda harus mempunyai passion yang kuat di bidang itu. Ambil contoh anda tidak suka ikan, tapi memutuskan untuk mencoba memelihara ikan, apa yang terjadi? Ikan tersebut akan mati!
Untuk mencari passion anda dimana, cobalah tanyakan pada diri anda, apa hal yang sangat anda nikmati jika sedang anda kerjakan?
3. Mudah. Tentunya segalanya akan tampak lebih mudah jika anda menyukainya, bukan?

Jadi sebelum memutuskan untuk mengambil peluang mana yang terbaik untuk anda, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk merenungkan, atau istilahnya mengasah gergaji kita untuk bisa menebang pohon yang lebih besar dan kuat.

Demikian kira-kira beberapa hal yang bisa saya sharingkan yang kiranya perlu dipertimbangkan jika anda memutuskan untuk memulai atau mengembangkan bisnis anda. Jadi, memilih peluang bisnis itu gampang atau gampang? Jawabannya gampang-gampang susah!

Tips mencari inspirasi bisnis: Ikut seminar bisnis