Bosan dengan rutinitas kantoran, ingin waktu yang lebih fleksibel, penghasilan yang tidak kunjung naik, atau memiliki passion di bidang bisnis, mungkin anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis online anda sendiri. Anda memiliki keyakinan, semangat dan kemampuan yang anda rasa cukup untuk memulainya. Sederet ide bisnis pun sudah anda siapkan untuk memilih salah satunya. Modal awal beserta biaya iklan pun sudah anda siapkan. Anda mempertimbangkan akan resign dari pekerjaan setelah bisnis online anda berjalan.

Bisnis online memang sangat menjanjikan. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat pesat dan penggunanya pada tahun 2015 sebanyak 74,6 juta (https://id.techinasia.com/tingkah-laku-pengguna-internet-indonesia/). Sekarang masyarakat makin terbiasa dengan mencari referensi produk/jasa di internet dan bertransaksi di toko online.

Tapi apakah hal tersebut sudah cukup? Terutama bagi anda yang ingin fokus sebagai full time internet marketer dan meninggalkan pekerjaan atau keinginan melamar pekerjaan. Berikut beberapa hal yang patut anda pertimbangkan sebelum terjun full time sebagai pebisnis online atau internet marketer!

  1. Akan lebih mudah jika anda saat ini belum memiliki atau baru keluar dari pekerjaan anda. Anda bisa mencoba terjun lebih dulu 1-2 tahun dan jika hasilnya kurang memuaskan anda bisa coba bisnis lainnya atau kembali mencari pekerjaan. Percayalah, bisnis online maupun konvensional memang menjanjikan tapi jalannya tidak semudah yang anda kira!
  2. Jika bisnis online adalah bisnis sampingan anda, setelah anda bangun di sela-sela kesibukan kantoran sudah mulai menampakkan hasil dan menunjukkan perkembangan, bandingkan dulu hasilnya dengan gaji anda saat ini:
    – Jika gaji anda dibawah 5 juta/bulan, usahakan hasil dari bisnis online per bulannya minimal 3x lipat gaji anda perbulan sebelum anda resign
    – Gaji 5-10jt perbulan, usahakan hasil dari bisnis online minimal 2x lipat gaji/bulan
    – Jika gaji anda 10-30 juta per bulan, paling tidak hasil dari bisnis online anda harus menyamai gaji anda sebelum anda resign.
    – Jika gaji anda diatas 30 juta per bulan (oya ngomong-ngomong ini untuk standar tahun 2016 ya, jumlah ini tidak akan relevan lagi 5-10 tahun dari sekarang) maka hasil bisnis online 80% dari gaji anda sudah cukup untuk bersiap-siap meninggalkan pekerjaan anda. Dan jika hasil bisnis online anda sudah mencapai tahap ini, selamat! Peluang anda sukses di bisnis ini sudah sangat terbuka.
  3. Bisnis online anda termasuk bisnis konvensional yang di-online kan, atau merupakan jenis bisnis yang langgeng dan tidak musiman, dalam artian jasa atau produknya tetap dibutuhkan selama manusia masih ada. Contoh: toko online baju/fashion, website travel agent & ticketing, kosmetik, jasa pembuatan website, jasa hosting, jasa desain grafis, toko perlengkapan bayi & anak, dll. Banyak juga orang yang membuka bisnis online maupun konvensional yang hanya berdasarkan tren semata, sehingga penghasilan yang didapatkan tidak stabil dan meningkat untuk jangka panjang.
  4. Satu hal lagi yang patut anda pertimbangkan dan juga berpengaruh adalah umur dan tanggung jawab.
    Jika anda berumur 22 thn, single dan belum memiliki tanggungan anda bisa coba-coba langsung menjalankan full time paling tidak 3-4 tahun. Jika anda berumur 35 dan sudah memiliki tanggungan, tentunya lebih banyak hal yang harus anda persiapkan. Selain rasio penghasilan sesuai poin no 2 diatas, anda sebaiknya memiliki cadangan 6x gaji, untuk berjaga-jaga seandainya hal berjalan diluar dugaan dan memastikan keluarga anda tetap aman secara finansial.




Jika anda berpikiran bahwa sesuatu yang dikerjakan full time pasti hasilnya maksimal, belum tentu. Hal ini berbeda-beda menurut karakter dan tujuan masing-masing individu. Ada yang hasilnya jauh membaik setelah resign dan fokus full time, ada yang tetap bisa berkembang sambil punya pekerjaan tetap.

Dulu mengapa saya memutuskan resign dan menjadi full time intermet marketer salah satunya karena saya belum memiliki tanggungan saat itu dan penghasilan saya sebagai internet marketer mendekati 3x gaji saat itu yang masih dibawah 5 juta rupiah/bulan.Dari pengalaman saya pribadi yang terbaik adalah anda menjalankan bisnis online anda sambil bekerja menjadi karyawan untuk menambah skill, wawasan, relasi, kematangan mental selain itu anda pun masih mendapatkan gaji. Apalagi jika anda kebetulan bekerja di perusahaan di kategori yang sama dengan bisnis online yang sedang anda persiapkan, intinya carilah pengalaman sebanyak-banyaknya dahulu.

Jadi jika anda ingin resign dari pekerjaan anda untuk menekuni bisnis online atau internet marketer, please dipertimbangkan baik-baik dulu sesuai tips yang saya berikan diatas.
Anda juga memiliki pengalaman serupa? Silakan ceritakan pengalaman atau komentar anda ya 🙂

(image credit: http://www.huntoffices.com/)

Hasil Pencarian: