Personalized Result Apakah Itu? – Personalized Result, atau hasil pencarian secara personal adalah hasil pencarian pada google dengan memasukkan unsur historis pencarian personal. Hmm… Maksud lo??
Contohnya, pernah ‘merasa’ mengalami kenaikan peringkat pada hasil pencarian google atau SERP tanpa diikuti kenaikan pengunjung ke website kita? Atau tiba-tiba melihat website kita masuk page pertama padahal sebelumnya urutannya jauh dibawah? Itulah contoh dari ‘personalized result‘, dimana website yang paling sering kita kunjungi akan dinaikkan peringkat hasil pencariannya. tentunya kitalah yang seringkali mengunjungi website kita sendiri. Begitu pula dengan adanya Google+, seperti dijelaskan oleh google, pengunjung yang memberikan +1 pada website kita bisa menaikkan peringkat web kita di hasil pencarian mereka, maupun orang-orang yang berhubungan dengan mereka.
Tapi berbeda hasilnya jika yang melakukan pencarian adalah orang yang sama sekali belum pernah mengunjungi website kita, hasil yang muncul di hasil pencarian adalah murni tanpa personalized result.
Jadi, sebaiknya dalam melakukan pengecekan ranking web kita, perhatikan personalized result ini. Hasil yang terlihat belum tentu merupakan hasil yang sebenarnya!

Bagaimana cara menghilangkan Personalized result?

Cek ranking sebaiknya menggunakan browser netral seperti Incognito mode pada Google Chrome , menghilangkan cache/ history pada browser, maupun yang saya rekomendasikan adalah menggunakan Tools untuk mengecek ranking secara otomatis seperti Rank Tracker (akan saya bahas pada artikel berikutnya, ditunggu yah ^ ^).