Google-PageRank-Update

sumber http://techybloggerz.com

Tanggal 3 Mei 2012 kemarin Google melakukan Pagerank Update untuk kali kedua di tahun 2012. Saya pun tidak ngeh kalo diberitahu seorang teman si saldiscus kalo blog Desain Rumah saya naik dari PR 2 ke PR 3. Bagi yang belum paham dan mengetahui apa itu pagerank juga tidak sempat membaca blog lama saya (kalo sempat bisa lihat-lihat disini http://theseolearner.wordpress.com/category/page-rank/). Pagerank itu kurang lebih pengertiannya adalah tingkat kepentingan suatu page, bukan sebuah website, di mata google yang faktor pengukurnya adalah kualitas dan kuantitas backlinks. Google Pagerank ini ter-update secara berkala dan tidak diketahui tanggal pasti dilakukan update toolbar ini (kecuali paman google sendiri tentunya 🙂 )

Berikut beberapa fakta tentang PageRank (sumber: http://www.sitepoint.com/google-pagerank-obsessions/)

  • Nilai yang terlihat belum tentu nilai yang didapatkan saat itu
    Nilai Page Rank dihitung secara terus menerus, jadi jika kita melihat nilai PR 5 pada suatu page, saat bersamaan bisa jadi halaman tersebut memiliki PR 7 atau bahkan hanya PR2. (Matt Cutts)
    Hanya pada suatu waktu tertentu nilai Page Rank ini di-export ke Google toolbar sehingga bisa dilihat oleh pengguna.
  • Toolbar PageRank updates tidak mempengaruhi SERPs (Matt Cutts)
    Sebuah update pagerank toolbar tidak akan mempengaruhi posisi dalam hasil pencarian atau SERP. Masih banyak faktor lain yang dipentingkan google dalam penentuan posisi seperti banyak faktor pada SEO Onpage.
  • Google menurunkan PageRank secara manual untuk website yang menjual links (Danny Sullivan)
    Google telah mengkonfirmasi jika nilai PageRank telah diturunkan secara manual untuk website yang menjual link. Sebagai tambahan Google mengatakan bahwa beberapa situs yang menjual link mungkin dikeluarkan dari hasil pencarian atau terkena penalti yang mencegah mereka mendapatkan ranking tinggi di SERP.

Diluar fakta diatas, berdasarkan pengalaman saya ada beberapa keunggulan bagi page yang memiliki Pagerank tinggi:

  1. Lebih cepat terindex jika ada postingan baru di website tersebut, hal ini sangat berguna untuk situs-situs yang berisi informasi atau berita terbaru yang mengandalkan kunjungan dengan metode SEO.
  2. Begitu pula jika kita memiliki backlinks pada situs-situs ber PR tinggi, akan lebih ‘ngefek’ pada posisi pencarian jika kita memasang backlinks pada situs ber-PR tinggi karena bots google akan lebih sering mengunjungi situs ber-PR tinggi tersebut.

Demikian postingan saya mengenai Google Pagerank Update Mei 2012, dan jika teman-teman disini memiliki pengalaman pahit ataupun menyenangkan mengenai Pagerank update bisa dishare disini 😀