Apa itu Autotext?

Sebelum menggunakan Android, saya adalah termasuk pengguna setia Blackberry (BB) selama kurang lebih lima tahun. Perlu saya akui banyak fitur yang cukup berguna dan dulunya termasuk canggih di BB untuk ukuran smartphone pada masa itu, seperti push email, adanya trackpad, serta BB operating system (OS).

Salah satu fitur di Blackberry yang saya sayang untuk meninggalkan adalah fitur Autotext, dimana kita bisa membuat sebuah istilah atau kalimat dengan hanya mengetik singkat kemudian dilanjutkan tombol space (spasi). Beberapa yang cukup populer misalnya “mypin” untuk memunculkan pin BB kita. Saya biasanya menggunakan fitur ini untuk beberapa teks yang sering digunakan sehingga tidak perlu diketik atau di copy-paste berkali-kali, misal “myemail” untuk mengetik alamat email, “myrek” untuk no rekening bank, “mysimp” untuk no simpati saya atau yang lebih panjang semisal “prosedurpemesanan” untuk menginformasikan prosedur pemesanan kepada customer. Fitur autotext ini menurut saya sangat menghemat waktu dibandingkan harus menyimpan dalam bentuk notepad/ word kemudian melakukan copy paste setiap diperlukan.

Aplikasi Autotext di Android

Sayangnya, setelah saya beralih ke Android harus siap-siap merelakan fitur ini karena OS Android standar maupun keyboard bawaannya belum mendukung fitur ini. Makanya ada yang bertanya pada saya kenapa masih pakai BB dan belum pake Android, jawaban saya cuman “Autotext”…

Well, pada akhirnya saya harus memakai Android juga. Dan setelah melakukan pencarian dan mencoba beberapa aplikasi ternyata untuk mengaktifkan fitur ini harus memakai aplikasi keyboard alternatif untuk mengganti keyboard bawaan Android atau smartphone. Aplikasi keyboard yang dilengkapi fitur Autotext ini bernama Smart Keyboard. Bagi yang belum tahu, berikut saya akan sharing bagaimana cara seting fitur Autotext pada Smart Keyboard.

Smart Keyboard Trial 01

Setelah berhasil download dan install,aktifkan terlebih dahulu via Setting Android > Language & Input > Current Keyboard.

Mengaktifkan Smart Keyboard

Pilih Smart Keyboard Trial

Smart Keyboard Trial 03

Setelah itu lakukan pengaturan pada Smart Keyboard dengan memilih Smart Keyboard Trial.

Smart Keyboard Trial 11

Pada Smart Keyboard Settings, pilih “Text Prediction”

Smart Keyboard Trial 04

Kemudian pilih Custom Autotext

Smart Keyboard Trial 05




Pilih “Add Autotext…”

Smart Keyboard Trial 06

Masukkan kata yang akan dipakai sebagai shortcut, misal “mynumber” dan pada will be replaced by tulis teks yang anda inginkan sebagai pengganti, misal “081234567890” dan “OK”

Smart Keyboard Trial 07

Dengan ini Autotext telah aktif dan setiap anda mengetikkan “mynumber” maka dibawahnya akan muncul preview teks yang akan muncul sebagai pengganti.

Smart Keyboard Trial 12
Nah, jadi dengan menggunakan Smart Keyboard ini kita dapat menggunakan fitur Autotext seperti pada Blackberry. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk Autotext saja terutama untuk beberapa teks yang sering kita gunakan, seperti

  • nomer handphone
  • alamat rumah / kantor
  • alamat email
  • no rekening bank
  • dan untuk keperluan bisnis/ jualan seperti jenis produk, deskripsi produk, cara pemesanan dst

 

Selain itu, pada Smart keyboard ini kita dapat mengeksplorasi beberapa fitur, seperti ada atau tidaknya Vibrate saat kita melakukan keypress, agar terasa lebih seperti keyboard fisik:

Smart Keyboard Trial 08

Kemudian ada juga fitur Calibration untuk membantu pengaturan dan adjustment untuk meningkatkan akurasi tombol sesuai gaya mengetik kita, pada General Settings > Calibration:

Smart Keyboard Trial 09

Kemudian kita juga bisa mengubah skin keyboard sesuai selera, pada General Settings > Select Skin. Ada beberapa pilihan skin yang tersedia seperti iphone, HTC, Grey, White, Black dll. Saya sendiri memilih skin White karena menurut saya pribadi paling enak dilihat.

Smart Keyboard Trial 10

Sampai saat ini saya menggunakan Smart Keyboard ini di semua device saya karena ada beberapa teks saya cukup sering gunakan. Overall aplikasi ini sangat sesuai walaupun di versi gratisnya ada pesan yang kadang muncul ditengah-tengah pengetikkan dan cukup mengganggu untuk mencoba versi premiumnya. Cara satu-satunya untuk menghilangkan gangguan ini ya kita harus membeli versi premiumnya yang dibandrol Rp 24.999,- (per Juni 2016).

google-play-badge-dropbox




Well, apakah aplikasi ini kira-kira akan membantu  anda untuk sehari-hari karena fitur Autotextnya? ataukah anda cukup nyaman dengan aplikasi keyboard yang anda gunakan saat ini? Atau mungkin anda memiliki referensi aplikasi lain yang memiliki fitur Autotext yang lebih baik? Saya tunggu diskusi dan comment anda 🙂

 

Hasil Pencarian: