Mengapa kita memulai bisnis tanpa Modal?

“Bagaimana memulai sebuah bisnis? Saya juga kepengen nih mulai bisnis..”

“minta diajarin bisnis donk bro…”

Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan oleh beberapa teman saya, terutama yang masih bekerja sebagai karyawan. Saya jadi teringat mengapa saya memulai bisnis online (atau bisa dikatakan lebih tepatnya internet marketing). Saat itu kurang lebih 5 tahun lalu, saya memulai bisnis internet marketing karena satu alasan, yaitu kontrak kerja saya di sebuah bank tidak diperpanjang.

Awalnya cukup shock karena kehilangan pekerjaan (itu adalah pekerjaan saya yang pertama), tapi untungnya saya mendapatkan nasihat dari salah seorang senior disana. Senior saya ini juga segera resign dan ingin fokus pada bisnisnya sambil mengurus keluarga. Dia mengatakan kurang lebih seperti ini, jangan bingung karena kehilangan pekerjaan, masih banyak bidang lain yang bisa kamu coba diluaran.

Kemudian dia mencontohkan, posisi yang kami tempati di bank tadi adalah lingkaran kecil.

Diluarnya, nama bank tempat kami bekerja adalah lingkaran lebih besar.

Diluarnya dia menggambar lingkaran lebih besar bernama “Bank”.

Diluarnya lagi ada lingkaran lebih besar, “BUMN”.

Lingkaran terluarnya yang paling besar, adalah “Badan Usaha”

Kemudian dia mengatakan, lingkaran yang kita jalani sekarang hanya sebagian kecil dari pekerjaan yang ada diluar sana. Diluar ini masih banyak yang bisa dicoba. Intinya dia mengatakan jangan pernah ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Suatu saat kita pasti ketemu dengan peluang terbaik yang bisa dijalankan.

Filosofi lingkaran ini terus saya ingat sampai sekarang. Inilah yang membawa saya akhirnya mencoba belajar dan menjalani bisnis Internet marketing sampai sekarang (dan entah sampai kapan). Jadi singkat cerita, setelah mengikuti kursus mengenai internet marketing, saya mulai mencari-cari produk apa yang bisa dijual via internet.

Pencarian inipun berakhir dengan kebingungan, karena saya tidak bisa menemukan supplier dan produk untuk dijual alias masih blank tentang bisnis online. Sambil mencari ide dan mengisi waktu saya melamar dan diterima bekerja di sebuah bank swasta. Tiba-tiba beberapa saat setelah itu seorang teman menawari peluang usaha yang ternyata adalah Multilevel marketing. Saya iseng mencoba dan bisnis inilah yang mempertemukan saya dengan produk pertama yang akhirnya bisa saya jual via internet. Ceritanya, saya mencoba menawarkan kepada sepupu saya peluang MLM ini, dan dia menawarkan kerjasama pemasaran untuk menjualkan jasa mereka. Saya berpikir tidak ada salahnya, toh sepertinya jasa mereka bisa dipasarkan via web dan mereka belum memiliki pemasaran via internet yang optimal.

Dari sinilah bisnis tanpa modal saya dimulai, karena saat itu menggunakan domain gratisan .blogspot.com dan promosi via facebook saya berhasil mendapatkan beberapa klien via web dan mendapatkan komisi sampai belasan juta per klien, dimana saat itu saya mengerjakan internet marketing di sela-sela kesibukan kantor.

Jadi dari pengalaman saya, dalam bisnis yang terpenting bukanlah modal maupun kemampuan namun niat untuk memulainya. Modal bisa didapatkan dan kemampuan bisa dipelajari belakangan sambil berproses.




Apa yang harus dipersiapkan untuk Memulai?

1. Keinginan Belajar yang Kuat

Mengapa harus memiliki keinginan belajar yang kuat? Sekali lagi karena ini adalah tanpa modal. Istilahnya Nothing to Lose. Gunakan mindset kamu sedang mempelajari sesuatu, bukan sedang berbisnis.

Jika kamu memiliki tujuan utama menghasilkan uang, maka jangan salahkan jika belum berhasil mencapai tujuan itu kamu bakal kecewa dan kapok mencoba internet marketing. Anggap uang yang kamu hasilkan sebagai bonus, dan bisa digunakan (baca:diinvestasikan) untuk belajar lebih banyak lagi (seperti beli buku, ikut seminar, workshop dll)

2. Produk

Elemen berikutnya yang anda perlukan adalah Produk, dalam artian adalah produk orang lain karena kita memulai tanpa modal atau jika belum memiliki produk sendiri. Jalin kerjasama eksklusif, jika terbukti produk supplier kita bisa laku dijual via internet. Jika belum laku, coba juga pasarkan produk lain.

Jangan juga bermental peniru. Jika orang lain berhasil menjual produk maka belum tentu kita berhasil menjualnya juga, dan berlaku sebaliknya. Saya percaya setiap orang memiliki keunikan serta kekuatannya masing-masing. Teruslah mencoba dan bereksperimen dalam menjual produk.

3. Website

Elemen berikutnya, Website. karena awalnya tanpa modal, gunakan website gratisan dulu, baru setelah berhasil mendapatkan profit, profit tersebut bisa digunakan untuk membuat website sendiri.

Sekarang ini banyak juga disediakan website marketplace untuk berjualan gratis, seperti tokopedia, bukalapak dll. Kamu juga bisa pakai domain gratisan seperti .blogspot.co.id untuk memulai. Dalam hitungan jam bahkan menit, halaman produkmu sudah bisa siap digunakan untuk berbisnis!

4. Promosi

Promosi sangat penting agar calon pembeli bisa mengetahui dan mengakses produk yang kita jual via internet. Promosi tidak harus berbayar, bisa juga dengan cara gratisan misal menginfokan teman-teman via facebook, email dst.

Optimalkan penggunaan sosial media. But fanpage di facebook, buat akun twitter, instagram dan lakukan update dan posting berkala seputar produk yang kamu jual. Usahakan juga agar website atau halamanmu muncul di google terutama halaman 1 dengan teknik SEO. Apa itu SEO? Kamu bisa baca selengkapnya disini

5. Manajemen Waktu

Mungkin juga kamu berpikir, apakah tidak mengganggu kesibukan di kantor? Inilah gunanya manajemen waktu. Kamu harus benar-benar bisa memanfaatkan waktu luangmu di kantor. Selesaikan dulu tugasmu di kantor, baru kemudian mengerjakan internet marketing. Saya bisa bekerja sambil mengerjakan internet marketing pada saat itu karena tugas saya tidak terlalu menyita waktu. Jika kamu termasuk orang yang sibuk dan memiliki waktu yang padat, pertimbangkan untuk menghemat lagi waktu di pekerjaan, atau jika tidak bisa manfaatkan waktu setelah jam kerja.

Optimalkan juga waktu luang pada akhir pekan. Bukankah sangat melelahkan jika usai kerja kemudian mengerjakan bisnis lagi? Tergantung pada target anda. Mendapatkan tambahan penghasilan dari internet 1-3 juta per bulannya (bahkan bisa lebih), tidak buruk, kan?

Saya percaya jika kamu konsisten menjalankannya, dalam 6 bulan – 1 tahun maka hasilnya akan terlihat.

Lihat juga artikel terkait masa depan bisnis online dan ecommerce

 

Hasil Pencarian: