Dalam beraktivitas sehari-hari, terutama bagi saya yang bekerja kebanyakan via online dari rumah, saya memanfaatkan beberapa tools berupa software dan aplikasi via smartphone saya untuk memudahkan pengelolaan kegiatan baik pribadi maupun bisnis.

Saya menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, jadi yang akan saya bahas kali ini adalah 5 aplikasi Android pilihan yang biasa saya gunakan sehari-hari baik untuk produktivitas, update berita, pengelolaan keuangan, dan lain-lain. Berikut daftar aplikasinya beserta link downloadnya:

Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan data dengan sistem cloud yaitu menyimpan data yang kita miliki di server dropbox secara online. Dengan melakukan sinkronisasi dengan dropbox pada PC / laptop, maka saya dapat mengakses maupun melakukan editan pada file-file office penting yang saya miliki di PC via smartphone dengan aplikasi dropbox. Aplikasi ini bisa kita dapatkan secara gratis di Playstore. google-play-badge-dropbox

 

Money Lover

Aplikasi pengelolaan keuangan favorit saya di smartphone. Cara pengunaannya cukup mudah dan memiliki cukup banyak fitur. Kita bisa membuat dua wallet, misal kita ingin memisahkan antara pengelolaan keuangan pribadi dan perusahaan.

Beberapa fitur lainnya adalah pembuatan custom kategori dan subkategori untuk income dan expense, fitur debt untuk pengelolaan utang-piutang, savings untuk pengelolaan tabungan, recurring transaction untuk mengisi secara otomatis transaksi rutin bulanan misalnya pembayaran asuransi dan biaya langganan internet. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, namun versi berbayarnya ada beberapa kelebihan antara lain unlimited pembuatan budget (bagi kita yang sering punya pengeluaran tidak terkontrol, hehehe) dan bisa melakukan sinkronisasi jika menginstall di beberapa device.

Sayangnya fungsi sync ini masih terdapat error saat saya menginstall di smartphone lain, dan datanya belum bisa terupdate secara lengkap, tentunya merupakan hal yang cukup merepotkan jika tidak bisa melakukan sinkronisasi data antar device. Dan mudah-mudahan error ini dapat diperbaiki oleh pihak developer pada versi-versi berikutnya.

Money Lover apps

Aplikasi Money Lover

google-play-badge-dropbox




Flipboard

Flipboard adalah aplikasi news aggregator dimana kita bisa memilih topik-topik maupun mengikuti penyedia berita yang beragam dalam satu aplikasi. Anda bisa mengikuti topik umum seperti Business, Entrepreneurship, Technology, Lifestyle, Sport atau yang lebih spesifik seperti search engine marketing, android news, parenting teens, mens style dst. Atau anda juga bisa memilih mengikuti update berita dari media-media online terkenal sepert Entrepreneur.com, TechInAsia, Android Authority, Forbes, Business Insider, The Washington Post dan banyak lagi.

Flipboard apps

Aplikasi Flipboard

google-play-badge-dropbox

 

WhatsApp

Salah satu aplikasi chat messaging terbaik saat ini dan mungkin yang terbaik (paling tidak menurut saya) yang sudah di-download oleh 1 Milyar pengguna di Playstore. Jika kamu memiliki bisnis dan mencari klien via online marketing, alangkah baiknya jika kamu memasang nomor Whatsapp pada website dan social mediamu. Jika 2-3 tahun lalu klien banyak menghubungi saya via telepon, saat ini mayoritas menggunakan whatsapp untuk komunikasi awal. Hal ini membuat saya yakin saat ini hampir semua orang yang menggunakan smartphone pasti juga menggunakan Whatsapp.

Selain melakukan chat messaging, kamu juga bisa melakukan sambungan telepon via Whatsapp jika kamu terhubung dengan internet. Saat ini menggunakan Whatsapp diklaim gratis 100% oleh pihak developernya (dimana tahun lalu dikenakan biaya 1$ per tahun, yang membuat saya bertanya-tanya darimana sumber penghasilan mereka karena aplikasi ini bersih tanpa ada iklan sama sekali.

google-play-badge-dropbox

 

Google Fit

Aplikasi Penting bagi saya untuk memonitor performa aktivitas fisik. Kamu bisa memilih olahraga favorit yang diinginkan seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, skating, sepakbola, badminton dll. Aplikasi ini akan mengukur mulai durasi beraktivitas, berapa langkah yang sudah dilakukan, berapa jarak tempuh, dan berapa kalori yang bisa kamu bakar (saya kebanyakan olahraga berjalan kaki).

Kamu juga bisa menentukan berapa target harian dimana target harian saya melakukan aktivitas fisik berjalan kaki adalah minimal 45 menit dalam sehari (dimana ternyata rata-rata saya seringkali tidak mencapai target 45 menit)

google-play-badge-dropbox

 

Sebetulnya masih banyak aplikasi bermanfaat lainnya yang terdapat di Playstore, namun bagi saya 5 aplikasi inilah yang terpenting dan saya gunakan sehari-hari. Nah, bagi kamu apakah aplikasi yang penting kamu pakai sehari-hari? Silahkan di share di komentar jika kamu punya info aplikasi lain yang tidak kalah pentingnya bagimu 🙂

Hasil Pencarian: